Inspirasi dunia design grafis, artworker dan coverbook.

7 Situs Penjualan Desain Grafis Terbaik di Indonesia. Sekali Desain Dapat 7 Juta!

Siapa yang tidak ingin menjual hasil karyanya ke khalayak umum? Apalagi dinilai positif dan menghasilkan jutaan rupiah. Yuk simak situs penjualan desain terbaik di Indonesia, sekali desain dapat 7 juta! Keren kan? 



Ada istilah "mau dibawa ke mana hubungan kita" yang suka saya simpulkan "mau dibawa ke mana desain kita?" Perkataan itu yang membuat kita terngiang-ngiang saat bingung di mana kita akan menjual desain atau hasil karya kita? Banyak situs yang memberi informasi serta referensi agar karya kita lebih diminati dan laku diperjual belikan. Alhasil, takut tidak laku atau dilirik oleh konsumen. Namun tahu kah kalian ada situs terbaik di Indonesia yang bisa kalian coba untuk menjual desain karya kalian, apalagi bisa menghasil jutaan rupiah dalam sekali upload karya. Hmm, tidak diragukan lagi bukan?

Tak jarang orang memiliki peluang besar seperti ini. Apalagi di era sekarang, banyak manusia yang suka instan dan mau enaknya saja. Dengan begitu, apa usaha kita akan memuaskan? Tentu tidak.
Dalam dunia desain, kita juga memerlukan Self Promotion atau bisa disebut Personal Branding. Tak lupa dari itu, kalian juga harus memperhatikan desain kalian agar mudah dilirik oleh konsumen. Beri patokan harga yang pada umumnya atau bisa tergantung keruwetan yang dapat kita ambil saat mengerjakan project tersebut karena ide itu mahal.


Jika kita tidak malas untuk berkelana mencari referensi, banyak situs yang menyediakan layanan jual beli desain grafis atau semacamnya. Kita bisa menjual karya kita entah itu design coverbook, karikatur, kartu nama atau pun logo perusahaan. Dan berikut adalah situs penjualan desain terbaik di Indonesia, sekali desain dapat jutaan rupiah.

1. Sribu.com

Sebuah website yang menyediakan jasa desain online yang menghubungkan antara klien dan si pembuat desain. Situs ini menyediakan jasa desain kontes namun menggunakan portofolio. Maksudnya, kalian harus menyerahkan portofolio terlebih dahulu ke situs tersebut, maka kalian bisa mengerjakan project yang mereka inginkan. Website ini sudah memiliki 135, 600+ desainer yang siap melayani keinginan kalian.

Sribu merupakan produk dari PT. Sribu Digital Kreatif yang berlokasi di 1Park Residences, Tower A, Lantai Mezzanine, Jl. Kyai Moh. Syafii Hadzami No.1, Gandaria, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, 12440.

2. SribuLancer.com

Website ini membuka situs Freelancer. Yaitu bedanya menggunakan fitur job. SribuLancer.com dan Sribu.com memiliki perbedaan yaitu jika Sribu.com menggunakan sistem fitur kontes dengan cara kalian harus sering-sering mengikuti kontes dan membuat fortofolio. Sedangkan SribuLancer.com menggunakan sistem job dengan menyerahkan proposal dan menunggu proposal kalian keterima. Tidak perlu membuat desain terlebih dahulu, jika proposal sudah diacc oleh pihak website, kalian bisa mengerjakan project dari klien tersebut.

3. Project.co.id

Situs ini juga sama seperti SribuLancer.com. Memiliki situs marketplace tenaga lepas, jasa dan produk digital yang mempertemukan klien dengan para tenaga lepas (freelancer). Selain mendapatkan project dan menawarkan jasa, kalian juga bisa mengikuti transaksi jual-beli dengan klien.

Project.co.id dimiliki oleh Priyatna sebagai founder di Priyatna (Founder, CEO, CTO) dan Wiro Hardi (CO-Founder, CMO). Situs ini bermarkas di Bandung, Indonesia pada November 2014.

Kurang nyamannya di situs ini menurut pandangan beberapa orang adalah user interface yang kurang menarik dan rapi. Namun, tidak perlu khawatir di sini banyak project yang tidak kalah bagus dengan situs lain.

4. Fastwork

Situs ini berasal dari Thailand namun sudah masuk ke Indonesia. User ini cukup mudah dipahami, sudah ada paduan lengkap dan kita bisa mengikutinya saja. Seperti registrasi, menjual pekerjaan, diskusi dengan klien, hasil akhir serta harga yang kita inginkan. Website ini bisa menggandeng para desain grafis untuk menjual belikan karyanya seperti desain logo, desain grafis maupun desain videography.

5. Tees.co.id

Ketika kalian memiliki karya atau desain bisa kalian promosikan atau upload di sini. Jika pihak user atau klien tertarik dengan karya kalian, maka pihak mereka sendiri yang akan mencetak hasil kerja kalian entah itu di baju, jaket atau tas. Tapi kalian jangan mendiamkan pekerjaan kalian, dengan maksud kalian harus pandai-pandai mempromosikan hasil kalian di media sosial contohnya instagram atau facebook.

Kalian harus pandai mengembangkan hasil kinerja sendiri agar mudah dilirik oleh mereka.

6. Tokome.id 

Website ini bisa kalian gunakan untuk menjual desain kaos, phone case, hoodie dan aksesoris lain. Kalian bisa upload desain kalian, jika dilirik oleh klien, mereka sendiri yang akan mencetak desain kalian.
Tokome.id bisa disebut dengan Online Merchandise Store yang memfasilitasi desainer serta komunitas yang ikut serta dalam hal mendesain.
Tokome.id tidak kalah bagus dengan situs lain, di sini kalian bisa menjual karya kalian dan menentukan harganya sekaligus.

7. Fiverr

Salah satu Marketplace jasa terluas di dunia desain grafis mau pun freelancer. Kita bisa menjual jasa deliver online seperti logo, kartu nama, karikatur, dsb. Harga bisa ditentukan sendiri tergantung kerumitan saat kita mengerjakannya. Salah satu alasan diciptakan situs ini adalah cenderung agar lebih mudah terjun dalam dunia digital marketing. 

Fiverr didirikan sekitar tahun 2009 bagi perantara orang-orang yang ingin menghasilkan rupiah/dollar dengan menjual jasa karya mereka atau keahlian yang mereka miliki.

Bagaimana? Apa kalian sudah ada wawasan atau pandangan mau dibawa ke mana desain atau hasil karya kalian dari penjelasan di atas? Karena mencari cash money sebenarnya mudah jika kita mau berusaha memulai dari bawah/nol.

Sekian beberapa ulasan mengenai 7 situs penjualan desain terbaik di Indonesia. Sekali desain dapat 7 juta! Yuk dicoba, peluang sudah di depan mata. Jangan ditunda-tunda!

7 comments:

  1. Min. Telkomsel kartunya As, simpati sama loop ya?

    ReplyDelete
  2. keren kak mampir ya https://desainmilenial.blogspot.com/

    ReplyDelete
  3. min indosat kartunya im3 ya kalau 3 beda lagi

    ReplyDelete
  4. Mau di bawa karya sy ke situs fiverr

    ReplyDelete

My Instagram