Inspirasi dunia design grafis, artworker dan coverbook.

5 Kesalahan Yang Sering Dilakukan Seorang Desain Grafis

Manusia tidak luput dari kesalahan, bahkan seorang desainer juga pernah melalukan kesalahan fatal baik disengaja maupun tidak disengaja. Berikut adalah 5 kesalahan yang sering dilakukan seorang desain grafis.


Desain grafis akhir-akhir ini mulai banyak dilirik oleh masyarakat. Desain grafis memang menyenangkan dalam mengkreasikan imajinasi yang kita miliki dan membuat banyak orang berminat belajar ilmu tersebut. Kita bisa membuat desain logo, banner atau flyer, coverbook, typography, dll.
Tapi tahukah kalian jika desain grafis juga pernah melakukan kesalahan fatal bahkan sangat sulit dimaafkan.

Sebagai desain grafis pemula, pasti kita sering melakukan kesalahan. Nah, penting bagi kita untuk mengetahui apa saja kesalahan-kesalahan desainer supaya kita bisa belajar dan menghindari kesalahan-kesalahan tersebut.

Berikut 5 kesalahan seorang desain grafis yang sering dilakukan.

1. Terlalu Banyak Teks


Jika kita membuat desain logo, jangan terlalu banyak memakan teks dalam hal menjelaskan logo tersebut. Dan jangan membuat klien bingung dengan penjelasan yang kita buat. Kalian bisa tidak memakai penjelasan atau narasi teks, tapi jika kalian mencoba memakai teks, setidaknya harus mudah dipahami yaitu maksud dan arti logo tersebut.

2. Share Font Sembarangan


Jika kalian memiliki kebiasaan share font sembarangan, sebaiknya kalian mulai menghapus kebiasaan buruk ini. Hal ini tentu saja merugikan kalian, apalagi font tersebut kalian dapatkan secara tidak gratis/bayar. Namun, jika kalian ingin share font hasil buruan kalian, hal yang harus kalian lakukan adalah mencantumkan linknya saja atau bisa juga cantumkan nama font tersebut. Dikarenakan ada hak cipta jika font tersebut berbayar maka akan masuk melalui email pengguna.

3. Lupa Memberi Kredit/Watermark


Jika kalian memakai atau meniru desain logo orang lain, atau jika kalian sedang membutuhkan desain orang lain jangan lupa sertakan kredit/watermark. Plagiat sekarang lagi marak-maraknya, lalu kalian upload di sosial media namun kalian harus memberikan kredit nama desainernya. Jadi, jika kalian ingin belajar logo atau illustrasi jangan lupa cantumkan desainer yang sudah menginspirasi hasil karya kalian.

4. Sering Merendahkan Diri Sendiri


Contoh hal seperti ini sebaiknya dihilangkan. Banyak kita mendengar "Ah, desain saya jelek tidak pantas untuk mengikuti lomba tersebut" dan berbagai macam keluhan lain. Jika kalian belum berusaha, kenapa harus merendahkan diri sendir?  Bukankah hal tersebut sangat disayangkan? Ingat guys, jika peluang memang sudah tampak di depan mata, jangan sia-siakan peluang tersebut. Karena orang sukses itu harus PEDE dalam hal apapun.

5. Malas Membaca


Banyak orang sukar membaca dan ujungnya kurang asupan informasi. Jika kita ingin paham akan suatu hal tentunya harus sering dan banyak membaca berbagai informasi mengenai desain grafis. Kurangnya membaca membuat seseorang banyak bertanya padahal informasi sudah tercantum di dalamnya. Buang kebiasaan buruk ini, guys! Ingat kata pepatah "Malu bertanya, sesat di jalan."

Itu adalah 5 kesalahan yang sering dilakukan oleh seorang desain grafis. Bukan bermaksud sok tahu atau menggurui, namun hal tersebut juga sering saya lakukan. Oleh karena itu, dengan adanya saya share pembahasan ini agar kalian juga menghindari dan belajar mengenai kesalahan-kesalahan yang pernah saya alami. Sekian dan semoga bermanfaat.

1 comment:

  1. Mantap jiwaa
    Artikel ini bisa membuat desainer sadar akan kesalahan fatal yang bisa berpengaruh terhadap desain.

    ReplyDelete

My Instagram