Inspirasi dunia design grafis, artworker dan coverbook.

Penulis Wajib Tahu! Memahami 4 Jenis Design Coverbook Elegant Yang Bisa Menarik Pembaca

Para penulis wajib tahu nih, cara memahami 4 jenis design coverbook elegant agar bisa menarik pembaca. Yuk simak agar karya kalian diminati banyak konsumen dan menjadi best seller dengan adanya coverbook keren!

Menerbitkan suatu karya atau buku tidak jauh dari kata coverbook atau sampul buku, bukan? Apalagi jika kalian ingin membuat kesan karya menarik dengan adanya coverbook yang unik. Memahami 4 jenis design coverbook agar tampak elegant di mata pembaca itu sangat penting. Salah satunya menambah kesan tersendiri serta bisa menambah mood si pembaca.


Namun sebelum memilih jenis cover kalian harus meneliti dulu judul, isi cerita serta pemilihan genre. Ini sangat penting dikarenakan takut ada kesalahan jika kita membuat coverbook namun design cover tidak mencakup isi cerita apalagi genre yang sudah ditentukan. Oleh karena itu para penulis wajib tahu dan memahami 4 jenis design coverbook agar tampak elegant serta bisa menarik daya pikat pembaca.

Berikut adalah cara memahami dan mengetahui jenis design coverbook elegant.

1. Cover Simple 

Cover simple banyak digandrungi kalangan penulis genre romance. Memang cover ini ternilai cukup simple karena hanya menggunakan bahan tumbIr atau objek lain (real pict). Setelah itu ditambahkan font dan beberapa ornament agar design terkesan cukup menarik dan simple. 

Tak hanya itu. Cover ini kadang juga digunakan untuk penulis yang gemar genre horor atau teen fiction. 

>>> Kelebihan: Editnya mudah tinggal memberi font saja. Hasil juga tampak bagus asal bisa mix and match saja.

>>> Kekurangan: Tidak semua gambar yang kamu inginkan terpenuhi. Dan cara lain yaitu dengan memotret suatu objek yang kalian inginkan. Jika masih belum puas, kalian bisa memilih jenis cover lain.

2. Cover Minimalis 

Cover jenis ini kebanyakan digemari pecinta genre teen fiction. Karena beberapa alasan contohnya cute, menarik dan lucu. Cover minimalis hanya menggunakan bahan seperti animasi atau vector saja. Tentu kalian tidak awam mendengar dua bahan itu.

>>> Kelebihan: Kalian pasti berpikir cover ini akan cute dan unik. Apalagi sudah mempunyai gambaran dan sudah melihat isi cerita.

>>> Kekurangan: Tidak semua yang kalian butuhkan akan terpenuhi. Terutama gambaran yang tidak kalian cocok dengan hasil yang kalian cari. Alhasil kalian harus membuatnya sendiri menggunakan beberapa aplikasi yang sudah tersedia.

3. Cover Manipulasi 

Cover jenis ini sangat digemari oleh banyak penulis. Entah genre apa pun karena terkesan elegant dan mewah. Cover jenis ini harus menyiapkan beberapa bahan. Paling sedikit 3 bahan atau lebih. Pengerjaannya juga membutuhkan 3K (Kesabaran, Ketelatenan, dan Ketelitian).

>>> Kelebihan: Tentunya jenis cover ini sangat menarik dan tidak kalah dengan yang lain.

>>> Kekurangan: Terletak dibagian pembuatan yang memang harus sangat teliti. Apalagi jika tidak bisa menemukan bahan yang pas dan cocok.

4. Cover Vector 

Ada minimalis, ada juga vector. Dua jenis ini membuat kalangan penulis bingung yaitu cara membedakannya. Memang dari sisi lain seperti mirip. Namun cara membedakan bisa dilihat dari cara pembuatannya saja. Cover jenis ini sangat diminati dan sudah trend di kalangan penulis bahkan sampai masuk dalam proses percetakan.

>>> Kelebihan: Unik serta menambah daya tarik tersendiri untuk para pembaca. Dan juga bisa menentukan bahan tokoh untuk divectorkan.

>>> Kekurangan: Proses pengerjaan terbilang cukup lama. Apalagi dalam proses mencari bahannya.

Membuat design coverbook memang tidak semudah yang dibayangkan. Serta tidak asal buat tanpa memperhatikan ketentuan yang ada. Tentunya kalian harus membutuhkan skill dan keinginan dari dalam diri untuk bekreasi serta berimajinasi. Yang dipentingkan agar bisa membuat design menarik pembaca adalah keseimbangan (balance), keserasian (harmony), dan kesatuan (unity). 

Demikian penjelasan mengenai 4 jenis design coverbook elegant yang bisa menarik pembaca.

7 comments:

My Instagram